Apakah Jasa Fotografi Kena Pajak?

Apakah Jasa Fotografi Kena Pajak?

Apakah Jasa Fotografi Kena Pajak?

Apakah jasa fotografi kena pajakFotografi merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki penghasilan lumayan besar. Ini disebabkan karena banyak masyarakat yang membutuhkan jasa fotografi untuk beberapa acara yang diadakannya. Untuk para fotografer yang sudah mapan mereka banyak yang memiliki studio-studio foto yang tetap. Perusahaan-perusahaan juga yang menyediakan jasa fotografi dan memanfaatkan  pegawai yang merupakan fotografer profesional. Ini akan memudahkan mereka  mencari pelanggan sebab dengan memiliki sebuah studio foto maka pelanggan akan dengan mudah mencari dan mengunjungi mereka. Serta tidak perlu membereskan peralatan foto setelah selesai digunakan karena tempat peralatan foto tersebut sudah pada tempatnya dan ruangan tersebut tidak dipakai untuk apa-apa selain untuk foto.

Yang perlu ditanyakan adalah apakah jasa fotografi kena pajak? Jawabannya adalah iya. Karena bagaimanapun juga, sebuah studio atau pun sebuah perusahaan berdiri pada sebuah tanah yang tanah tersebut merupakan tanah di bawah naungan negara yang kita harus membayar pajak atas tanah yang kita miliki tersebut. apalagi tanah yang ditempati tersebut merupakan tempat yang digunakan untuk bangunan yang memberikan penghasilan bagi pemiliknya.

sistem pemungutan pajak di Indonesia untuk pajak penghasilan diatur oleh pasal 23 tentang pajak penghasilan.pasal 23 tersebut mengacu pada pasal 23 undang-undang pajak penghasilan sebagai dasar hukum. Tiga unsur berlakunya pajak penghasilan pasal 23 adalah pemotong pajak dan objek pajak serta ada penerima sebagai pihak yang pajaknya dipotong. Jika ketiga unsur tersebut terpenuhi maka penghasilan dibayarkan kepada pemotong pajak. Jika salah satu dari unsur tersebut tidak terpenuhi maka tidak wajib diberlakukan pasal 23 undang-undang pajak penghasilan. Contohnya pemberi penghasilan bukan pemotong pajak atau penghasilan yang dibayarkan bukan pemotong  objek pajak, maka kejadian tersebut tidak wajib dikenakan pasal 23 undang-undang pajak penghasilan.

Pemotong pajak yang diberlakukan saat ini adalah badan pemerintah atau subjek pajaka badan dalam negeri. Pemotongan pajak penghasilan pasal 23 ini dikenakan apabila ada penghasilan yang  dibayarkan atau yang terutang kepada wajib pajak.

Demikian info tentang apakah jasa fotografi kena pajak?