Aneka Bahan Brokat Yang Perlu Diketahui

Aneka Bahan Brokat Yang Perlu Diketahui

Aneka Bahan Brokat Yang Perlu Diketahui

Hal penting untuk kamu persiapkan untuk pernikahanmu tentunya adalah baju, ya, penampilan di hari pernikahan diharapkan merupakan penampilan yang maksimal, sehingga tak jarang  kamu harus benar-benar memilih yang paling pas dan cocok untuk pernikahan. Tidak jarang kamu harus mencari ke beberapa tempat untuk memilih bahan yang cocok baju pernikahan, selain itu mungkin juga kamu harus mempersiapkan untuk yang lainnya seperti untuk penerima tamu, keluarga, atau panitia. Salah satu pilihan favorit adalah brokat karena sifatnya yang memberikan kesan wah dan anggun untuk dipakai di acara pernikahan. Tapi di toko kadang banyak sekali jenis brokat yang tersedia, jadi mau tidak mau kamu harus jeli memilihnya. Simak ya info berikut ini.

Pertama, French Lace atau brokat perancis.

Biasanya brokat perancis menjadi pilihan utama karena kualitasnya yang dianggap paling baik dibanding brokat lainnya. Selain bahan terasa lembut, tidak mengakibatkan efek gatal atau gerah. Selain itu juga biasanya paling pas untuk di badan kamu. Namun kalau kamu yakin akan memilih brokat ini tentu kamu harus menyiapkan anggaran yang lebih, karena kisaran harganya lumayan tinggi bahkan bisa mencapai jutaan hanya untuk panjang semeter. Jadi pertimbangkan benar ya.

Kedua, Brokat Semi Perancis, brokat ini sangat mirip dari segi kualitasnya dengan brokat perancis, namun demikian bahannya tidak selembut atau sehalus brokat perancis. Harga yang jauh lebih murah dibanding dengan brokat perancis menjadikannya sebagai alternatif untuk anggaran tersedia. Harga biasanya untuk sepotong baju, jadi berbeda dengan brokat perancis yang dihitung berdasarkan panjang, per meter. Meskipun tidak selembut dan sehalus brokat perancis, bahan ini lebih kuat dan tidak mudah rusak ketika dijahit sehingga sering menjadi pilihan  alternatif utama.

Ketiga, Brokat Jepang. Bahannya lembut dan mempunyai beragam motif sehingga kadang menjadi alternatif pilihan utama juga bersaing dengan brokat semi perancis. Brokat ini mempunyai kandungan bahan sintetis yang lebih banyak sehingga kadang kurang disukai dibandingkan dengan brokat semi perancis. Namun demikian tentu ada keunggulannya, yaitu harganya yang murah. Untuk membeli brokat semi perancis kamu harus mengeluarkan lebih banyak anggaran daripada kamu membeli brokat jepang ini.

Lihat juga, Tampil Beda Namun Anggun, Beberapa Inspirasi Gaun Pengantin Berwarna

Keempat adalah Brokat Prada, brokat ini mempunyai tekstur yang berbeda daripada yang lain, selain itu juga sangat kaya motif. Motif timbul yang dimilikinya membuatnya menjadi pilihan untuk diaplikasikan pada baju kebaya. Harga yang dipatok sangat bervariasi sesuai dengan tingkat kehalusan juga ragam motifnya. Brokat ini menjadi populer kembali setelah diaplikasikan dalam karya Kebaya oleh seorang desainer kondang owner Vera Kebaya.

Brokat Tulle atau Italy

Perbedaan yang mencolok sangat mudah dilihat dari brokat ini jika dibanding dengan lainnya. Biasanya brokat ini sudah berbordir atau berpayet, sehingga kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk menambahkan bordiran atau payetannya. Jika kamu memilih brokat ini, kamu  perlu membicarakannya dulu dengan penjahit yang kamu pesan, mungkin penjahit kamu lebih suka bahan brokat yang lain jika dia ingin membuatkan yang spesial, atau juga menggunakan brokat pilihan kamu untuk disesuaikan dengan disain yang akan dibuat nanti.

Terakhir adalah Brokat Biasa yaitu brokat yang tidak mempunyai spesifikasi khusus. Biasanya paling murah dibandingkan dengan jenis brokat lainnya. Biasanya untuk pernikahan yang tidak menganggarkan budget yang khusus untuk baju-baju yang akan dipakai, akan lebih sering memilih brokat jenis ini untuk pengiring pengantin, panitia atau keluarga jauh. Tapi ingat karena paling murah pilhan motifnya ataupun warna sangat terbatas. Pastikan kamu memilih yang benar-benar cocok ya.

 

Jadi sekarang tentu kamu dapat mempertimbangkan bahan untuk acara pernikahan  nanti, mana saja yang kamu pilih tentunya harus didiskusikan bersama ya.

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp