Aksesoris Pendukung Sinematografi Menggunakan DSLR

Aksesoris Pendukung Sinematografi Menggunakan DSLR

Aksesoris Pendukung Sinematografi Menggunakan DSLR

Pernah terbayang membuat video menggunakan kamera DSLR. meski aktifitas merekam bukan kemamuan asli dari kamera DSLR ternyata sudah banyak karya- karya Videografi yang menggunakan kamera DSLR sebagai alat perekamnya. Selain itu balakangan ini sedang nge-trend istilah Sinematografi. Disinilah sebenarnya tantangan tersendiri yang akan dialami oleh sang videografer untuk mengasah kemampuan serta kreatifitasnya untuk menghasilkan sebuah karya yang layak di konsmusi.

Tantangan Membuat Video Menggunakan Kamera DSLR

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, karena kamera DSLR tidak diperuntuhkan untuk merekam video maka sobat harus bekerja ekstra untuk bisa menghasilkan video yang berkualitas. Ada banyak tantangan yang harus sobat hadapi ketika menggunakan kamera DSLR untuk membuat Video diantaranya adalah desain kamera DSLR yang tidak memungkinkan untuk mengambil video secara stabil tenang saat digenggam lama, ada beberapa mic pada kamera DSLR yang tidak bekerja dengan baik ketika digunakan merekam suara dsb. Meski demikian sobat masih bisa membuat video yang ciamik dengan kamera DSLR menggunakan aksesoris- aksesoris pendukung.

Aksesoris Pendukung Videografer Dengan Kamera DSLRtripod aksesoris kamera dslr

  1. Penstabil

Aksesoris ini sangat penting agar ketika kita mengambil rekaman video posisi kamera tetap stabil sehingga rekamanya pun tidak goyah. Ada berbagai macam dan bentuk dari Penstabil diantaranya adalah penstabil berupa ring dengan cara di genggam dan penstabil yang berupa shoulder ring. Aksesoris ini akan diteruskan ke dada pengguna, sehingga sobat memungkin mendapatkan tingkat kstabilan yang baik.

  1. Aksesoris Kamera Bergerak

Aksesoris ini dibutuhkan ketika sobat ingin mengambil rekaman video sambil bergerak. Aksesoris untuk menunjang aktifitas ini biasanya berupa slider, dolly track, atau bisa juga porta jib.

  1. Pengatur Fokus

Kamera DSLR memiliki kelemahan yakni sistem autofokus yang cepat. Sistem seperti ini kurang cocok digunakan untuk merekam video, oleh karena itu sobat bisa menggunakan follow fokus yang terdiri dari sebuah knob yang bisa kita putar.

  1. Mic dan Headphone

Ada baiknya sobat menggunakan Mic eksternal agar mendapatkan kualitas suara yang bagus. Gunakan juga Headphone untuk mengetahui suara apa saja yang masuk ketika sedang melakukan rekaman.

Bagaimana, sobat sudah siap untuk membuat karya videografi dari kamera DSLR. semoga informasi tentang Aksesoris Pendukung Sinematografi Menggunakan DSLR

 ini bermanfaat buat anda, terimakasih.

Sumber.  abankirenk.com/tips/aksesori-dslr-saat-merekam-video/

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp