8 Tips Mengirim Undangan Pernikahan Secara Online

8 Tips Mengirim Undangan Pernikahan Secara Online

8 Tips Mengirim Undangan Pernikahan Secara Online

Efek kemajuan di bidang teknologi juga kini telah merambah semua bidang. Dari toko online, kantor online, semua sekarang serba menjadi online. Demikian juga dalam mengadakan acara pernikahan salah satu hal yang tak kalah penting adalah undangan pernikahan. Undangan pernikahan dibuat dengan berbagai pertimbangan, baik secara artistik maupun seninya. Namun saat ini telah mulai marak tren mengirimkan undangan melalui media online dan yang sering digunakan adalah email. Banyak pertimbangan menggunakan media online ini, salah satunya adalah kecepatan undangan sampai ke tujuan, selain itu juga menghemat waktu dan biaya. Ada 8 tips mengirim undangan pernikahan secara online yang perlu kamu ketahui, yuk simak :

Undangan cadangan

Meskipun kamu sudah mengirimkan undangan secara digital melalui email, tetapi mungkin tidak setiap orang aware dan mempunyai akun email atau media sosial, sehingga untuk  ini kamu juga perlu menyiapkan kartu undangan  cetakan tersebut.

Update alamat email  undangan

Mengirim undangan ke email yang sudah tidak dipakai berisiko tidak sampainya atau tidak terbacanya undangan yang kamu kirimkan. Karena itu sebaiknya kamu memastikan alamat-alamat email yang kamu kirimkan  adalah alamat email terbaru. Kecewa kan kalau ternyata undangan kamu tidak sampai hanya karena alamat yang sudah kadaluarsa?

Konfirmasikan undangan yang dikirim

Hal lain yang perlu kamu lakukan adalah mengkonfirmasi undangan yang kamu kirimkan. Bisa lewat telpon atau lewat pesan diemail untuk membalas atau mengkonfirmasi bahwa email kamu sudah mereka terima. Dengan kepastian ini kamu tentu akan lebih nyaman dalam mempersiapkan acara pernikahan nantinya karena paling tidak  kamu telah bisa memperkirakan tamu yang akan datang.

Lihat juga, 5 Cara Tentukan Tamu Undangan Pernikahan

Hubungi kembali

Terkadang, email yang kamu kirimkan masuk ke kotak spam. Mungkin karena merupakan email baru sehingga tidak mengenali alamat email kamu, jadi bisa dianggap spam. Jika demikian ada kemungkinan orang yang kamu undang  tidak membalas email. Nah jika itu terjadi sebaiknya kamu kontak kembali siapa saja yang mungkin belum membalas email, paling tidak beberapa hari sebelum acara pernikahan.

Pencantuman kontak RSVP

Jika undangan yang kamu kirimkan cukup banyak dan tidak mungkin rasanya untuk membalas satu persatu kamu bisa menggunakan pencantuman RSVP kontak agar ada kepastian kehadiran tamu tersebut dan kepastian akan telah sampainya undangan. Jadi pekerjaan lanjutan akan  lebih ringan nantinya.

Hindari pengiriman lewat grup

Meskipun cara pengiriman sekaligus ke banyak orang merupakan cara yang dianggap paling praktis, untuk masalah undangan pernikahan ini sebaiknya dihindari ya. Karena tentunya akan terkesan kurang menghormati. Undangan kan sifatnya personal jadi kurang pas jika dikirim secara serempak dalam grup.

Video attachment

Salah satu kelebihan undangan online ini adalah kamu bisa melampirkan gambar atau audio bahkan video. Nah tinggal kamu kreatifkan cara mengirimkan undangan dengan membuat video khusus kamu dan pasangan kamu secara pribadi mengharapkan kehadiran mereka di acara pernikahan ini. Tak ada salahnya kamu mengeluarkan anggaran khusus untuk ini untuk menambah kesan penerima undangan.

Baca juga artikel Kenali Istilah Dokumentasi Pernikahan 

Buat website khusus pernikahan

Kalau kamu punya waktu atau anggaran khusus, kamu bisa kok membuatkan web khusus untuk sekilas memberikan perkenalan dirimu dan pasangan kamu. Kamu bisa menulis cerita mengenai latar belakang, kondisi saat ini dan cita-cita nanti kalian berdua setelah berkeluarga. Kamu bisa juga menyajikan foto-foto sebagai penambah tampilan agar lebih menarik. Bisa juga kamu sertakan peta menuju acara pernikahan kamu serta hal-hal lain yang nantinya akan mempermudah tamu untuk sampai ke tempat pernikahan yang kamu selenggarakan.

 

Nah semoga 8 Tips Mengirim Undangan Pernikahan Secara Online di atas dapat bermanfaat, ya!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp