8 Hal Penting Belajar Fotografi HDR (High Dynamic Range)

8 Hal Penting Belajar Fotografi HDR (High Dynamic Range)

8 Hal Penting Belajar Fotografi HDR (High Dynamic Range), Wajib diketahui !

Sobat pernah melihat foto yang menampilkan preposisi yang detail antara area gelap dan area terang dengan kontras yang tinggi. Apabila iya itu adalah merupakan salah satu teknik memotret dalam dunia fotografi yang bisa disebut dengan Fotografi HDR. Pasti sobat penasaran apasih yang dinamakan fotografi HDR itu!

Balajar Memahami Arti Fotografi HDR

HDR (High Dynamic Range) merupakan teknik fotografi yang bisa merekam rentang dianamik selebar mungkin dengan berbagai cara. Dalam fotografi HDR ini diperoleh dari kombinasi beberapa foto dengan tone yang bermacam- macam sehingga dapat menghasilkan sebuah karya foto dengan tonal yang melebihi kemampuan asli kamera.apasih hdr itu contoh foto hdr

8 Hal Yang Harus Sobat Pahami Dalam Fotografi HDR

Delapan hal tersebut adalah:

  1. Gunakan kamera minimal DSLR
  2. Gunakanlah tripod agar hasil fotonya tajam dan tak berbayang. Karena nantinya kita akan menggabungkan beberapa foto.
  3. Jangan sampai mengganti nilai aperture dalam satu sesi pemotretan untuk 1 buah objek. Sebaiknya sobat mensetting mode aperture priority.
  4. Settinglah fokus dalam manual focusing. Sobat bisa mencoba beberapa shutter untuk menentukan fokus yang ada di mode autofokus, setelah sobat menentukan fokusnya, maka gantilah focusing pada mode manual.
  5. Gunakan evaluative metering atau bisa juga matrix matering. Hal ini akan membuat kamera kamu mengukur semua objek foto sebelum berapa besarnya eksposur yang diperlukan.
  6. Atur automatic bracketing pada kamera sobat untuk menghasilkan 3,5 hingga 7 buah foto dengan kecepatan shutter yang bervariasi, lalu lihatlah manual kamera digital masing- masing. Dengan menggunakan bantuan fitur bracketing maka kamera akan secara otomatis menaik turunkan nilai eksposur secara cepat.
  7. Pilih objek dan angle yang proposional, Ini penting untuk menunjang hasil akhir dari jepretan sobat. setelah susah- susah mengatur kamera sobat, jangan sampai hasil jepretan tidak maksimal gara- gara salah memilih objek dan angle yang tepat.
  8. Sabar dan terus mencoba, Teknik ini memang sedikit rumit untuk diterapkan, namun sobat harus sabar dan selalu mencobanya agar mendapatkan fotografi HDR yang sempurna.

Itulah 8 Hal Penting Belajar Fotografi HDR (High Dynamic Range), semoga bermanfaat.

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp