6 Tips Mengelola Finansial dalam Berumah Tangga

6 Tips Mengelola Finansial dalam Berumah Tangga

6 Tips Mengelola Finansial dalam Berumah Tangga

Dalam keadaan dan situasi apapun masalah keuangan selalu saja menjadi hal yang sensitif. Banyak masalah timbul karena uang. Pasangan yang sudah menikah tidak luput dari masalah ini. Tentu kalian tidak mau kan jika rumah tangga kalian retak? Apalagi karena ketidakmampuan kalian dalam mengatur masalah finansial. Nah maka dari itu yuk simak 6 Tips Mengelola Finansial dalam Berumah Tangga ini :

Diskusi Finansial

Mendiskusikan masalah finansial sebenarnya harus dilakukan sebelum kalian menikah. Namun, kalau belum pernah melakukannya memang lebih baik langsung segera dilakukan. Diskusikan mengenai aturan-aturan yang harus dijalani masing-masing atau berdua dari kesepakatan yang dicapai.

Rekening Bank

Membuka rekening bersama atau tetap memakai rekening pribadi? Privasi memang penting bagi setiap orang. Tetapi bagi pasangan yang sudah menikah alangkah baiknya jika mempertimbangkan mengenai membuka rekening bersama. Hal ini untuk keterbukaan ke masing-masing dan demi kenyamanan bersama.

Baca juga,

Tips Merencanakan Bulan Madu Bersama Pasangan

Menabung dan Mempersiapkan Dana Darurat

Menabung adalah kebiasaan yang penting untuk dilakukan. Apalagi bagi pasangan yang sudah menikah. Sisihkan uang tersebut untuk dana darurat. Di masa depan kalian tidak akan tau apa yang akan terjadi dan kebutuhan apa yang akan kalian perlukan saat berumah tangga. Contohnya ketika salah satu dari kalian ada yang sakit, kehilangan pekerjaan, atau masalah lainnya.

Jangan Sampai Berhutang

Nah hutang merupakan hal yang benar-benar harus dihindari! Atur dengan sedemikian rupa biaya kebutuhan kalian dan jangan sampai over budget apalagi sampai harus berhutang. Hutang merupakan akar masalah yang bisa merusak hubungan kalian sebagai pasangan. Jangan juga sampai melakukan hutang yang tidak pasanganmu ketahui. Benar-benar salah!

Kerjasama Pasangan

Membuat budgeting yang disepakati bersama juga harus dilakukan bersama. Kerjasama dengan pasangan sangatlah penting. Jangan saling menekan dan menyalahkan jika ada masalah terjadi. Berdiskusi lah bersama-sama untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Saling Berkomunikasi

Berkomunikasi dengan baik dan saling menghargai satu sama lain dapat mempererat hubungan kalian. Hindari saling curiga dan menuduh, bahkan hingga berkata kasar kepada pasangan. Komunikasikan segala hal dari hati ke hati dengan penuh pengertian.

Nah demikianlah 6 tips mengelola finansial dalam berumah tangga yang kamu dan pasangan perlu ketahui. Semoga dapat bermanfaat, ya! Lihat hasil foto dokumentasi pernikahan di @aliencophoto