6 Pembagian Jatah Dana Rumah Tangga di Pernikahan

6 Pembagian Jatah Dana Rumah Tangga di Pernikahan

6 Pembagian Jatah Dana Rumah Tangga di Pernikahan

Berbagai kebutuhan untuk acara pernikahan diupayakan untuk dipenuhi meskipun mungkin akan memakan biaya yang besar. Untuk sebuah acara pernikahan, sebuah keluarga kadang merasakan hal ini sebagai pertaruhan untuk sebuah kehormatan. Jadi, apapun pengorbanan harus dilakukan. Tidak jarang setelah acara pernikahan selesai kehidupan terasa harus dimulai dari awal. Dan untuk itu sudah harus disiapkan rencana untuk pengumpulan dana untuk kelanjutan hidup berkeluarga. Ada beberapa kebutuhan yang tentunya perlu disiapkan alokasi dananya.

Anggaran untuk Keperluan Darurat

Sesuai dengan namanya, anggaran darurat memang dialokasikan khusus untuk keperluan yang bersifat mendadak dan mendesak. Anggaran harus benar-benar dialokasikan untuk ini. Meskipun tidak selalu sama bagi setiap keluarga dalam hal jumlah, tetapi sebagai patokan bisa dengan mengalokasikan tiga kali dari  pemasukan bulanan atau bisa juga dilihat dari pengeluaran bulanan. Untuk anggaran darurat ini perlu dibuatkan rekening khusus yang mudah dicairkan sewaktu-waktu dibutuhkan. Anggaran darurat ini bisa digunakan antara lain untuk keperluan ketika tiba-tiba suami harus berhenti bekerja, atau ada anggota keluarga yang jatuh sakit dll.

Anggaran untuk Tempat Tinggal

Salah satu kebutuhan pokok untuk sebuah keluarga adalah tempat tinggal.  Anggaran ini perlu disiapkan jika memang rumah idaman belum dimiliki atau jika memiliki rumah tapi belum sesuai dengan keinginan. Kebutuhan tempat tinggal ini merupakan salah satu kebutuhan yang memerlukan persiapan anggaran yang cukup besar. Harga rumah yang terus naik setiap tahun membuat kamu harus benar-benar menyiapkan anggaran untuk ini. Cobalah untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang rumah yang diinginkan. Jika memang belum terjangkau secara tunai, kamu bisa mengambil alternatif untuk membeli rumah secara cicilan. Nah untuk ini kamu bisa mulai dengan menabung untuk dana uang muka yang biasanya juga agak besar. Tetapi tak ada salahnya kan. Menyiapkan tempat tinggal yang nyaman akan merupakan langkah awal yang baik bagi sebuah keluarga.

Baca juga, 4 Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah Pertama

Anggaran untuk Kelahiran Anak

Kelahiran anak dalam rumah tangga adalah salah satu hal yang sangat diharapkan. Anak yang lahir akan menjadi pengikat erat dan penambah kebahagiaan sebuah keluarga. Kehadiran anak selain membawa kebahagiaan juga membutuhkan kesiapan anggaran yang cukup besar. Biaya rumah sakit atau bidan untuk persalinan bukan sesuatu yang bisa ditawar. Jadi tak ada salahnya jika ini sudah kamu persiapkan jauh-jauh hari. Selain untuk kebutuhan persalinan, kebutuhan untuk bayi yang telah lahir pun juga sebaiknya dipikirkan dan disiapkan.

Anggaran Pendidikan untuk Anak

Dana pendidikan untuk anak merupakan salah satu anggaran yang harus disiapkan juga. Apalagi pada saat ini pendidikan membutuhkan dana yang cukup besar, dari sejak pendidikan Taman Kanak-Kanak sampai Perguruan Tinggi. Setiap tahun biaya akan meningkat. Meskipun anak masih kecil atau masih dalam kandungan, tentunya bijak juga untuk mempersiapkan anggaran untuk pendidikannya nanti. Berapa jumlah yang harus disiapkan? Tentunya dana yang harus disiapkan juga diperhitungkan baik-baik. Cobalah mencari informasi berapa besaran biaya-biaya yang sering dikeluarkan untuk pendidikan saat ini. Proyeksikan untuk kebutuhan pendidikan di masa mendatang, mungkin sepuluh atau dua puluh tahun kedepan. Dengan demikian jumlah anggaran yang harus disiapkan bisa lebih terencana.

Anggaran Pensiun

Jika sekarang kamu sudah bekerja dan mendapat penghasilan rutin setiap bulan, tentunya kamu juga harus mempersiapkan juga apabila suatu hari nanti harus pensiun dari pekerjaan. Meskipun tidak terlalu besar tentunya dalam jangka panjang anggaran yang dikumpulkan akan cukup untuk menunjang kehidupan di hari tua tanpa harus memberatkan anak-anak.  Anggaran pensiun ini selain untuk kebutuhan sendiri bisa juga untuk membantu anak-anak jika memang mereka membutuhkannya.

Anggaran Liburan

Liburan merupakan salah satu acara yang paling disukai dalam sebuah keluarga. Tak ada salahnya merencanakan liburan secara khusus ke tempat-tempat spesial. Wisata keluar negeri, berangkat haji atau ziarah ke tempat-tempat suci membutuhkan anggaran yang cukup besar. Jadi mulailah dari sekarang untuk mengalokasikan sebagian pendapatan yang diperoleh setiap bulan untuk acara liburan ini.

 

Alangkah bijaknya jika di awal kehidupan keluarga, kedua pasangan mulai untuk menyiapkan hal-hal yang akan dilaksanakan nanti. Kebutuhan anggaran juga perlu diprediksi agar sesegera mungkin mulai bisa menyisihkan pendapatan yang diperoleh untuk dialokasikan ke rencana yang telah disiapkan. Selamat menabung ya!

 

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp