6 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Membuat Undangan

6 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Membuat Undangan

6 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Membuat Undangan

Ketika mempersiapkan pernikahan, terkadang terlalu berfokus pada hal-hal besar saja. Seperti konsep, venue pernikahan, serta busana pengantin mendapat perhatian penuh dari calon pengantin. Meski begitu, sebenarnya banyak hal detail yang bisa saja dianggap sepele. Sebagai contoh undangan pernikahan. Terkadang calon pengantin memutuskan untuk mempersiapkan undangan di saat-saat terakhir, semisal 1 bulan sebelum acara.

Padahal, hal seperti undangan pernikahan membutuhkan ketelitian juga lho. Nah mungkin kamu bisa menyimak hal-hal yang menjadi kesalahan ketika mempersiapkan undangan di bawah ini :

Cara Mengirim Undangan

Kemudahan teknologi komunikasi sangat berpengaruh. Apalagi sekarang juga tengah menjadi tren mengirimkan undangan secara digital. Dengan cara membagikan desain kartu undangan ke grup-grup media sosial banyak dilakukan. Selain memang lebih hemat dari segi biaya, tentu saja cara ini juga benar-benar mempermudah dan menghemat waktu. Tapi, tidak ada salahnya kamu juga menyiapkan undangan yang tercetak. Kenapa? Karena akan kurang sopan jika mengundang orang-orang penting, seperti bos di kantor jika dengan undangan digital, kan?

Baca juga 8 Tips Mengirim Undangan Pernikahan Secara Online

Penulisan Nama Tidak Tepat

Seperti halnya kesalahan cara mengirim undangan, penulisan nama juga merupakan hal yang fatal dilakukan di undangan. Mungkin jika hanya mengundang teman-teman dekat tentu hal tersebut tidak bermasalah. Namun, bagi orang-orang seperti mantan guru, dosen, atau bos kamu tentu jangan sampai terjadi.

Alamat Salah / Kurang Jelas

Jika kamu menggunakan undangan cetak, tentu kamu membutuhkan waktu untuk mengirimkannya. Nah untuk menghemat waktu, menggunakan jasa kurir pengiriman merupakan hal yang lazim dilakukan. Pada hal ini, kesalahan yang biasa terjadi adalah penulisan alamat. Kamu tidak boleh menyepelekan hal ini lho. Biasanya karena terburu-buru dan kurang teliti kesalahan seperti ini sering terjadi. Sebaiknya teliti kembali alamat yang dituju, supaya undangan sampai.

Begitu pula dengan alamat lokasi pernikahan kamu. Cek beberapa kali alamat venue pernikahanmu. Jangan sampai tamu undangan justru kebingungan karena alamat yang kamu tulis kurang lengkap atau tidak jelas. Lebih baik lagi jika kamu menambahkan peta dan alternatif transportasi yang memudahkan tamu ke lokasi.

Typo atau Salah Tulis

Selain kesalahan pada penulisan alamat, typo pada kata-kata di undangan juga sering terjadi. Salah ketik satu huruf bisa mengubah arti atau mengurangi estetika undanganmu. Meski masih bisa terbaca dan dipahami, tidak ada salahnya untuk mengecek dan memastikan bahwa tidak ada typo.

Pemilihan Waktu 

Untuk mengirimkan undangan pernikahan, kamu juga harus memperhatikan waktunya. Jangan sampai kamu mengirimkannya terlalu mepet dengan hari H. Akan sulit untuk menyisihkan waktu luang tamu undanganmu. Bisa jadi jika kamu mengirimkannya mendadak, ternyata orang yang bersangkutan memiliki kegiatan lain. Kesalahan pemilihan waktu tersebut bisa membuat banyak tamu tidak hadir. Begitu juga dengan mengirim undangan terlalu jauh dari waktu pernikahan. Undangan tersebut bisa saja terselip atau hilang, bahkan orang yang bersangkutan bisa lupa. Idealnya 2 minggu sebelum acara orang-orang yang akan jadi tamu sudah menerima undangan tersebut.

Salah Pilih Font dan Template

Ingin undanganmu terlihat lebih artistik sih boleh saja. Namun jika kamu sampai salah memilih elemen grafis dan font hingga sulit terbaca sih gawat! Kalau kamu memilih font seperti kaligrafi jangan sampai menjadi sulit dibaca penerima ya! Usahakan pada informasi-informasi penting gunakan huruf balok yang biasa saja.

Untuk konten dan template dari undangan juga penting menjadi perhatian lho! Ini menentukan elemen-elemen grafis seperti apa yang cocok untuk konsep undanganmu. Jangan sampai asal ‘comot’ template dari internet tanpa memperhatikan lebih jauh apakah cocok atau tidak juga bisa jadi masalah.

 

Nah itu dia 6 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Membuat Undangan. Semoga bermanfaat ya!

Simak juga 5 Cara Tentukan Tamu Undangan Pernikahan