6 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Menikah Muda

6 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Menikah Muda

6 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Menikah Muda

Salah satu keputusan besar seseorang dalam hidupnya adalah memutuskan untuk menikah. Mengapa demikian? Karena, menikah membutuhkan keyakinan dan kemantapan diri seseorang. Menikah juga tidak hanya menyatukan dua insan yang saling mencintai. Tapi juga menyatukan dua keluarga yang awalnya tidak kenal satu sama lain, hingga menjadi satu keluarga besar. Memutuskan untuk menikah juga banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mau tidak mau seseorang itu harus siap dengan segala pertimbangan tersebut. Siap secara mental, finansial, dan secara usia. Berbicara tentang usia, berapa sih usia ideal seseorang untuk menikah? Usia yang tepat untuk kamu menikahi pasangan, itu tergantung pada kesiapan kamu dan pasanganmu.

Saat ini, sudah banyak pasangan kekasih yang menikah muda, umumnya pada awal usia 20-an. Dengan penuh keyakinan dan hati yang mantap banyak dua sejoli yang memutuskan menikah di usia mudanya. Apakah kamu juga memutuskan untuk menikah di usia muda? Nah, berikut ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang menikah muda.

foto prewedding

  1. Melalui Masa Muda Dengan Pacar Halal

Menikah di usia muda akan menjadikan kamu dan pasanga sebagai dua sejoli yang masih pacaran. Bedanya kali ini kamu dan pasangan sudah resmi halal menjadi suami istri. Kamu dan pasangan masih bisa mengikuti kegitan-kegiatan yang diperuntukkan untuk kaum muda. Seperti nonton konser, mendaki gunung, motoran, atau kegiatan lainnya. Hal itu masih bisa kamu lakukan bersama dengan pasangan, tanpa mengkhawatirkan orang tua, dan jam berapa harus pulang. Kamu tidak akan lagi memikirkan hal tersebut karena, kamu dan pasangan sudah bebas pacaran dimanapun dan kapanpun sesuka hatimu.

Semua hal yang dilakukan anak muda lainnya, masih bisa kamu rasakan bersama dengan pasangan halalmu. Selain itu, kamu juga bisa bebas mengekspresikan rasa cintamu terhadap pasanganmu. Tanpa merasa khawatir akan melanggar norma yang berlaku dimasyarakat. Toh kamu sudah halal jadi kamu bisa bebas berekespresi dengan pasanganmu. Sampai membuat para jomblo iri melihat betapa romantisnya kamu dan pasangan itu sah-sah saja yaaa.

Baca juga 4 Hal Yang Menandakan Pria Sudah Siap Menikah

  1. Masanya Wanita Untuk Produktif

Menikah memiliki banyak tujuan, yang salah satunya adalah untuk memiliki keturunan. Pada usia 20-an, merupakan usia yang produktif bagi seorang wanita. Di usia 20-an wanita memiliki banyak potensi untuk memiliki seorang anak. Dan yang lebih penting lagi, di usia 20-an wanita akan memiliki resiko kelahiran yang semakin kecil.  Berbeda dengan wanita yang melahirkan pada usia 30-an, biasanya proses melahirkan akan beresiko. Jadi, usahakan tidak menunda ya ladies.

  1. Menjadi Orang Tua Yang Kekinian

Jika pada usia 20-an kamu sudah melahirkan seorang anak, otomatis kamu juga akan menjadi mama muda ya ladies. Kamu dan suami akan menyandang status baru sebagai orang tua muda yang kekinian. Karena kamu dan pasangan masih memiliki jiwa muda, kehidupanmu juga pasti mengikuti perkembangan zaman. Hal ini, akan membuat pola asuhmu menjadi orang tua yang kekinian. Biasanya, orang tua sering dianggap kuno atau kolot oleh anaknya. Tapi, jika kamu menjadi orang tua muda, anak-anakmu akan merasa orang tuanya kekinian dan gaul.

Jika nanti kamu berumur 40-an dan anakmu menginjak usia 20 tahun. kamu akan terbiasa dengan mengikuti perkembangan zaman. Bisa jadi, jika kamu sedang menikmati weekend di mall bersama anakmu, kamu akan dianggap kakak adik oleh orang-orang yang melihat. Terbayang sekali ya betapa serunya jika kamu dan anakmu memiliki umur yang tidak terlalu jauh jaraknya. Satu hal lagi yang paling penting, di usiamu yang sekarang ini, kamu sudah melek akan teknologi. Hal ini, bisa kamu manfaatkan untuk mengawasi anak-anakmu nanti ketika sudah mengerti teknologi.

  1. Bebas Melakukan Apapun

Salah satu kesempatan yang diberikan pada pasangan menikah muda, adalah kesempatan melakukan apapun dengan bebas bersama-sama. Sebagai pasangan menikah muda, kamu dan pasangan pasti memiliki keinginan atau impian masing-masing. Dengan jiwa muda yang masih kamu dan pasangan miliki, hal tersebut tidak menjadi penghalang untuk mewujudkan impian. Kamu dan pasangan akan saling mengerti, tentang keinginan masing-masing. Biasanya, pada usia 20-an masih banyak hal-hal baru yang ingin dicoba. Kamu bisa melakukan hal-hal baru tersebut berdua dengan pasanganmu.

Travelling ke suatu tempat, biasanya menjadi salah satu impian yang ingin diwujudkan oleh kaula muda. Apabila kamu salah satunya, kamu bisa langsung menjadwalkan untuk travelling bersama pasanganmu. Mengabadikan momen bersama, menjelajahi tempat baru, menonton acara kebudayaan, dan masih banyak lagi. Lalu, momen-momen yang sudah kamu dan pasangan lewati disimpan pada album foto, akan menjadi kenangan manis untuk masa tua nanti.

foto prewedding

  1. Menjadi Lebih Bertanggung Jawab

Sebagian anak muda zaman sekarang, merasa ingin menikmati masa mudanya sendirian tanpa terbebani apapun. Masih banyak yang ingin menikmati jerih payah dari hasil kerjanya sendiri. Ingin berlibur kesana dan kemari, membeli barang ini itu, menghabiskan untuk kepuasan diri sendiri, berumah tangga belum terfikirkan olehnya. Dengan menikah muda, akan membuatmu lebih bertanggung jawab terhadap hidupmu. Ketika sudah menikah kamu dan pasanganmu sudah bukan tanggung jawab orang tua lagi. Dengan begitu kamu akan merasa keluarga kecilmu adalah tanggung jawabmu sendiri.

Setelah menikah, kamu dan pasangan akan melakukan kegiatan-kegiatan yang orang tua kamu lakukan dulu. Seperti, belanja bulanan, menata rumah, membersihkan rumah, memotong rumput, memasak dan masih banyak lagi. Semua itu sudah menjadi tanggung jawabmu sebagai seorang suami dan istri. Kamu harus menafkahi istrimu sebagai seorang suami, dan kamu harus memasak untuk suamimu sebagai seorang istri. Dengan menikah muda, kamu tidak akan larut dalam memuaskan keinginanmu saja. Kamu akan memikirkan kebahagiaanmu dan pasanganmu, maka kamu akan lebih bertanggung jawab demi rumah tanggamu.

Baca juga 8 Hal Yang Penting Dilakukan Setelah Menikah!

  1. Menjadi Pribadi Yang Lebih Dewasa

Menikah memang tidak hanya mengenai hal-hal yang indah saja. Seperti halnya kehidupan, menikah juga pasti akan didera berbagai macam permasalahan. Tidak peduli pada usia berapa kamu menikah, masalah pasti akan muncul dalam pernikahan. Hal ini menjadikan kamu dan pasangan menjadi pribadi yang lebih dewasa lagi. Menikah muda berarti membangun semuanya dari nol, melewati masa-masa muda bersama. Maka dari itu, kamu akan lebih mengerti pasangan masing-masing sejak awal. Salah paham, perbedaan pendapat, atau kesalahan lainnya yang dapat memicu permasalahan bisa kamu hadapi dengan baik.

Walaupun suamimu memiliki kebiasaan kentut sembarangan, suamimu tetap seseorang yang mendampingimu dan selalu menjagamu. Atau, istrimu yang terkadang masih menyimpan barang kesayanganmu di tempat yang salah. Istrimu tetaplah orang yang sama, yang selalu mendoakanmu di setiap langkahmu. Semua hal itu bisa mengingatkanmu pada setiap momen yang sudah kamu lewatkan bersamanya. Maka dari itu, kamu dan pasangan akan lebih bijak dalam menyikapi berbagai permasalahan yang menerpa rumah tanggmu. Dengan begitu kamu dan pasangan bisa dikatakan tumbuh dewasa bersama.

 

Jadi, setelah membaca apakah kamu siap untuk menikah muda? Perlu diingatkan lagi ya, jika kamu akan menikah pastikan kamu siap dan mantap untuk berumah tangga. Berapapun usiamu asalkan hatimu sudah mantap dan siap tunggu apa lagi. Abadikan momen prewedding dan pernikahanmu bersama Alienco Photo ya! Semoga bermanfaat!