5 Tips Ini Penting Dilakukan Ketika Mencari Penghulu

5 Tips Ini Penting Dilakukan Ketika Mencari Penghulu

5 Tips Ini Penting Dilakukan Ketika Mencari Penghulu

Saat akan menikah, pasti ada banyak hal yang harus dipersiapkan oleh kamu dan pasangan. Persiapan yang dilakukan pun sudah dijalani sampai berbulan-bulan sebelum pesta diadakan, agar saat pesta pernikahanmu berlangsung tidak ada hal yang kurang atau bahkan terlewatkan. Terkadang, kamu dan pasangan kerepotan karena banyak sekali hal yang harus dipersiapkan mulai dari mencari vendor, catering, souvenir, dan penghulu. Nah, kamu dan pasanganmu jangan sampai luput memperhatikan penghulu dipernikahan kamu ya! Penghulu merupakan hal terpenting dari yang terpenting saat mempersiapkan pernikahanmu, maka dari itu kamu harus memerhatikan beberapa hal saat mencari penghulu untuk pernikahanmu. Yuk, intip tipsnya !

Mencari Penghulu dari Jauh-jauh Hari

Jika kamu dan pasanganmu sudah menentukan lokasi untuk akad nikah, hal yang kamu lakukan selanjutnya adalah mencari penghulu. Pilihlah penghulu dari kecamatan yang sesuai dengan tempat akad nikah kamu akan digelar. Apabila tempat akan nikah kamu cukup dikenal di masyarakat, pastikan kamu mencari penghulunya jangan sampai mepert waktunya, ya! Kamu dan pasangan harus mendatangi kantor KUA Kecamatan untuk menanyakan, apakah ada seorang penghulu yang bersedia di hari pernikahan kamu dan pasangan. Ini menjadi hal yang sangat penting. Karena, yang menikah pada hari dan waktu yang sudah kamu tentukan bersama pasangan, bukannya kamu saja ya. maka dari itu, kamu dan pasangan harus cepat mendaftarkan diri, dengan begitu semakin besar kemungkinan kamu dan pasangan bisa mendapatkan penghulu, yang sesuai dengan hari dan waktu yang sudah kamu dan pasangan tentukan.

Selalu Menjaga Komunikasi dengan Penghulu

Setelah kamu dan pasangan mendapat penghulu yang akan menikahkan kalian, kamu dan pasangan harus menjaga komunikasi dengan penghulu, bisa dengan menyimpan nomor telepon yang bisa dihubungi tentunya. Apalagi di zaman yang sudah serba teknologi ini, kamu dan pasangan bisa saling berkomunikasi dengan penghulu melalui telepon. Apa sih yang harus kamu komunikasikan dengan penghulu? Kamu harus terus berkomunikasi untuk saling mengingatkan atau membicarakan tentang keperluan persiapan pernikan kamu dan pasangan. Selain itu, dengan cara ini, kamu dan pasangan bisa mengikutsertakan penghulu, agar tetap ingat dengan hari akad nikahmu.

Tentukan Transportasi

Selain kamu harus teap menjaga komunikasi, langkah penting selanjutnya adalah, kamu dan pasangan perlu mendiskusikan bagaimana transportasi penghulu di hari pernikahanmu, saat akan menuju tempat akad nikah, dan pulang dari sana. Ingat ya! Penghulu yang hadir dipernikahanmu memiliki waktu yang sangat berharga. Beliau harus pergi ke beberapa tempat lagi dalam waktu yang tidak banyak dimilikinya. Kamu bisa menanyakan kebutuhannya, apakah beliau perlu kalian siapkan transportasi antar jemput, atau memilih berangkat sendiri.

Memilih Salah Satu dari Panitia Sebagai LO

Jika panitia sudah terbentuk untuk hari H nanti, kamu dan pasangan harus memilih salah satu panitia pernikahan kamu, untuk bertugas mengawal penghulu, kamu bisa memilih dari keluarga kamu sendiri atau dari pihak Wedding Organizer. Orang yang kamu pilih ini, nantinya akan bertugas mengawal penghulu. Mulai dari menghubungi, mempersiapkan transportasi, dan selalu mendampingi sampai penghulu selesai melakukan tugasnya. Komunikasikan segalanya dengan baik pada panitia yang kamu pilih ini, agar kamu tidak memikirkan hal lain saat hari bahagiamu bersama pasangan.

Simak juga yuk Perhatikan Hal Ini Ketika Mengurus Surat Nikah di KUA!

Memberikan Souvenir yang Terbaik

Tidak ada dalam aturan negara, berapa biaya untuk seorang penghulu. Namun, ada biaya resmi yang harus kamu dan pasangan keluarkan yaitu sebesar Rp 600.000. Uang ini nantinyanya dibayarkan kepada negara melewati bank, apabila akad nikah tidak dilangsungkan di kantor KUA. Karena tidak adanya biaya untuk seorang penghulu, tidak ada salahnya kamu dan pasangan memberikan buah tangan kepada penghulu, sebagai tanda terima kasih tertu hal ini dibolehkan.

 

Itulah tips-tips mencari penghulu untuk hari pernikahanmu dan pasangan. Semoga persiapan pernikahan kamu dan pasangan berjalan lancar sampai hari H, ya!

 

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp