5 Tanda Ini Buktikan Kamu Sudah Siap Menikah!

5 Tanda Ini Buktikan Kamu Sudah Siap Menikah!

5 Tanda Ini Buktikan Kamu Sudah Siap Menikah!

Mungkin sesekali terbersit dalam pikiran kamu pertanyaan “Benarkah saya sudah siap memasuki jenjang pernikahan ini? Apakah pernikahan ini tidak terlalu tergesa-gesa hanya karena teman-teman kamu sudah menikah?”

Tentu saja pertanyaan ini sering terbersit juga bagi calon pengantin lain yang memang telah mulai masuk tahap persiapan untuk melakukan pernikahan. Hal yang wajar tentunya karena keputusan menikah benar-benar merupakan keputusan yang besar dalam kehidupan seseorang. Kesiapan lahir maupun batin benar-benar diperlukan, apalagi kehidupan berkeluarga adalah kehidupan yang mungkin akan sangat panjang. Persiapan yang benar-benar matang tentu sangat diperlukan.

Ada beberapa pertimbangan yang dapat kamu ambil dalam hal ini, jika kriteria-kriteria ini terpenuhi tentunya kamu mengambil kesimpulan kalau kamu memang siap. Namun demikian jika belum semua kriteria terpenuhi tidak berarti kamu belum siap memasuki pernikahan. Sebagai acuan, tentunya dapat kamu pertimbangkan. Sambil berjalannya waktu, kamu bisa kok menjadi sosok yang lebih siap untuk memasuki jenjang pernikahan.

Saling memahami dan menerima

Setiap orang tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini tentunya sangat wajar, memang demikian adanya dalam kehidupan manusia. Yang diperlukan adalah kemauan saling menerima dan memahami kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika pasangan kamu bukan orang yang terlalu rapih, hendaknya dapat kamu pahami dan terima, mungkin karena memang dalam keluarganya hal tersebut tidak terlalu ditekankan. Banyak hal nantinya yang akan kalian hadapi dalam kehidupan berumah tangga, setelah menikah nantinya lebih banyak lagi terungkap kekurangan atau kelebihan masing-masing. Satu-satunya jalan untuk mengatasi hal ini adalah dengan kemauan untuk saling menerima dan memahami dan berusaha untuk saling berbuat yang terbaik untuk melengkapi kekurangan masinig-masing, sehingga akan menjadi keluarga yang harmonis.

Bersiap menghadapi semua hal baik dan buruk yang terjadi

Jika hal-hal yang baik terjadi dalam kehidupan keluarga tentu masing-masing pasangan akan lebih siap menghadapinya. Tetapi jika harus menghadapi hal-hal yang buruk, mungkin tidak semua orang akan siap menghadapinya. Ini pun bisa terjadi ketika kamu dalam masa persiapan pernikahan. Nah di sini kamu bisa mulai belajar lebih bersabar menghadapinya, mulailah dari kekurangan-kekurangan kecil. Menahan diri dan berusaha mencari solusi yang lebih baik untuk hal buruk yang terjadi tentunya akan memberi efek yang positif.

Yuk simak juga, Ini Dia 5 Tips Agar Tetap Tenang Saat Ijab Kabul!

Kamu mengenalnya lebih dari siapapun

Setelah lama bergaul dan berkomunikasi tentunya kamu makin mengenalnya lebih banyak. Hal-hal kecil yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang lain, kamu tentu juga telah mengenalnya dengan baik.

Saling membuka diri di masa sebelum pernikahan akan membantu kamu berdua untuk saling mengenal dan memahami kelebihan dan kekurangan. Sebaiknya hal-hal yang penting dibicarakan lebih dini. Jangan sampai timbul permasalahan dikemudian hari karenanya. Bukan tidak mungkin akan timbul permasalahan yang besar diantara kalian jika saling merasa tertipu. Kamu tak mau kan mengalaminya nanti?

Saling mendukung

Sikap saling mendukung adalah yang benar-benar diharapkan oleh sepasang suami isteri. Jika kamu dapat memberi dukungan penuh kepada pasangan kamu, ia akan merasa sangat senang dan lebih bersemangat menghadapi kehidupan keluarga kalian. Jika kamu tidak bisa mendukung secara langsung kegiatan yang dia lakukan, kamu bisa memberikannya dengan melakukan hal-hal kecil yang mungkin membantunya. Jangan terlalu banyak mengkritik, jika memang harus memberikan kritik, berikan juga masukan-masukan bagaimana memberi solusinya.

Lihat juga, Tips Mempersiapkan Pernikahan dengan Bantuan Calon Ibu Mertua

Atasi perbedaan pendapat dengan cara dewasa

Perbedaan pendapat bukanlah hal yang tabu terjadi dalam kehidupan rumah tangga. Seorang isteri tak selalu sama pendapatnya dengan suami dalam suatu persoalan. Jika kamu harus berbeda pendapat bahkan sampai menimbulkan perselisihan, hendaknya kamu berusaha untuk mencari solusi secara dewasa dan usahakanlah untuk mencari jalan keluar dari perbedaan tersebut. Jika masih menemukan jalan buntu, jangan kamu mengambil sikap dengan saling mendiamkan, hal ini justru akan lebih menyulitkan untuk mencari solusi yang terbaik. Kamu berdua bisa saling mentoleransi dan mengurangi kekerasan hati masing-masing.

 

Demikianlah 5 tanda yang membuktikan bahwa kamu sudah siap menikah. Semoga bermanfaat ya!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp