5 Cara Pintar Pangkas Biaya Dekorasi Pernikahan

5 Cara Pintar Pangkas Biaya Dekorasi Pernikahan

5 Cara Pintar Pangkas Biaya Dekorasi Pernikahan

Pesta pernikahan tidak akan terasa lengkap tanpa adanya dekorasi yang ikut menyemarakkan kemeriahannya.  Jadi dalam persiapan pernikahan hal ini tak boleh dilupakan, konsep pernikahan yang diinginkan seperti apa, dekorasi juga nanti akan ikut memberikan kesan pada sebuah pesta pernikahan, apakah glamour, simple, whimsical atau lainnya.  Yang juga tak kalah penting adalah persiapan anggaran khusus untuk keperluan dekorasi ini, jika ingin sebuah dekorasi yang mewah tentu juga perlu anggaran spesial, namun demikian jika anggaran yang ada mungkin terbatas karena banyak hal lain juga yang harus dipersiapkan anggarannya, kamu tak perlu risau.

Masih banyak  hal-hal teknis terkait dekorasi ini yang akan dapat dibuat tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Bukan mustahil kamu akan mendapatkan dekorasi yang sesuai keinginan kamu dengan anggaran yang tersedia. Yuk simak langsung 5 Cara Pintar Pangkas Biaya Dekorasi Pernikahan berikut ini :

Waktu Persiapan

Waktu persiapan dekorasi, gunakan waktu seawal mungkin.  Ketika tanggal acara sudah ditentukan, maka segeralah buat konsep dan rencana yang matang. Dengan demikian, kamu bisa mencari-cari pilihan atau mencoba-coba konsep yang ingin kamu terapkan di pesta pernikahan nanti. Bisa kesulitan, tak ada salahnya meminta bantuan ahli dekorasi atau florist.

Pemilihan Bunga

Pemilihan bunga juga ikut menentukan lho. Jadi sebaiknya kamu mengikuti musim bunga yang berjalan, sehingga dengan bunga yang mudah diperoleh tentu harga yang dipatok oleh penjual bunga juga relatif lebih murah. Kalau memaksakan dekorasi dengan bunga yang tidak musimnya, selain sukar mendapatkannya juga bisa jadi harganya jauh lebih tinggi, apalagi kamu terlihat kepingin banget, bisa-bisa abang penjual bunganya jual makin mahal.

Untuk harga bunga, selain ditentukan oleh musim juga dipengaruhi oleh jenis bunga yang dipilih. Jika menggunakan bunga lokal seperti krisan, garbera, anggrek lokal atau bunga lokal lainnya tentu akan jauh lebih murah. Tetapi jika menginginkan bunga impor, kamu bisa memilih yang harganya tidak terlalu tinggi, hindari bunga yang mahal seperti peony, cymbidum atau jenis bunga impor yang mahal.

Tanggal Pernikahan

Waktu pernikahan juga ikut menentukan, pada masa-masa puncak seperti valentine atau tahun baru atau musim lain yang banyak membutuhkan bunga dan hiasan dekorasi lainnya tentu akan ikut naik. Jadi jika memungkinkan pilihlah waktu pernikahan yang tidak bertabrakan dengan musim-musim tersebut.

Pemilihan Lokasi Venue Pernikahan

Pelaksanaan acara resepsi dan upacara dalam satu lokasi. Tips ini akan menghemat kebutuhan dekorasi. Kamu tidak perlu membuat dekorasi untuk dua tempat, karena toh akan dilaksanakan dalam satu lokasi saja.  Dengan demikian biaya untuk vendor dekorasi akan terpusat di satu tempat saja. Jika ingin variasi, cukup dengan sedikit perubahan, mungkin pada background atau hal lain yang tidak terlalu membutuhkan biaya besar.

Butuh tipsnya? Yuk simak Wajib Ketahui! Tips Cerdas Ketika Memilih Venue Pernikahan

Pertimbangan Jika Konsep Outdoor

Konsep pernikahan outdoor juga dapat menghemat biaya dekorasi, apalagi jika pemandangan atau suasana sekitar sudah  mendukung. Dengan keindahan alam di sekitar, maka kebutuhan dekorasi akan jauh berkurang. Kamu cukup menyediakan tenda, fan pendingin (agar tak terlalu panas) dan lantai rumput. Meskipun demikian kamu juga harus mempertimbangkan hal-hal lainnya sebelum menentukan pernikahan dengan konsep outdoor ini ya.

Simak juga rekomendasi Top 9 Venue Wedding Outdoor Di Jakarta Versi Alienco

 

Jadi untuk pemilihan dekorasi hemat biaya kamu tentu dapat menggunakan tips-tips di atas. Sebaiknya kamu mempertimbangkannya baik-baik. Yang penting adalah pakailah dekorasi yang benar-benar sesuai dengan keinginan kamu dan anggaran yang sesuai yang telah kamu siapkan. Sekiranya sekian 5 Cara Pintar Pangkas Biaya Dekorasi Pernikahan semoga bermanfaat ya!