4 Tips Mengatasi Pertengkaran Saat Persiapan Pernikahan

4 Tips Mengatasi Pertengkaran Saat Persiapan Pernikahan

4 Tips Mengatasi Pertengkaran Saat Persiapan Pernikahan

Ketika mempersiapkan pernikahan, kemungkinan perbedaan pendapat dengan pasangan pada prosesnya tentu ada. Apalagi kondisi kalian sedang sama-sama lelah dan banyak yang dipikirkan. Bisa-bisa hanya karena hal sepele bisa memicu konflik kecil karena hal tersebut. Namun jangan sampai karena perbedaan pendapat atau masalah eksternal yang mempengaruhi emosimu, kamu justru bertengkar dengan pasangan. Momen persiapan pernikahan yang harus dilakukan dengan bersenang-senang bersama justru bisa menjadi hari-hari menyebalkan. Tentunya kamu tidak mau hal tersebut terjadi kan? Kali ini Alienco akan berikan beberapa saran mengatasi pertengkaran yang terjadi saat persiapan pernikahan, yuk simak :

Tanggapi Dengan Tenang

Api hanya akan bertambah besar jika disiram dengan minyak, begitu juga pertengkaran. Konflik sederhana dapat berubah menjadi pertengkaran yang serius ketika kedua belah pihak sama-sama tidak bisa berkepala dingin. Saat ada perbedaan pendapat, lebih baik jangan langsung menanggapi dengan omongan mengesalkan dan bernada ketus ya. Jika kamu tidak setuju dengan pendapat pasanganmu atau pasanganmu membuatmu kesal, usahakan untuk tetap tenang. Take a deep breathe, and calm. Tenangkan dirimu dulu, dengarkan baik-baik ucapannya, kemudian kamu bisa ajak dia untuk pelan-pelan membicarakan hal yang menurutmu menjadi masalah. Ungkapkan dengan kata-kata yang baik dan nada yang lembut ya!

Baca juga Hati-hati! Ini 5 Kesalahan Ketika Menentukan Undangan Pernikahan

Minta Bantuan

Memang akan sedikit malu jika sampai orang lain tau pertengkaran kalian. Namun, jika memang kamu dan pasangan sama-sama tak bisa mengambil jalan tengah, kalian bisa meminta bantuan. Orang tua kalian adalah orang yang paling aman untuk kalian mintai tolong. Karena beliau sekalian sudah pasti akan lebih bisa mengambil keputusan secara bijak dengan mempertimbangkan pendapat kalian.  Paling tidak kamu bisa bercerita kepada kakak atau adik jika tidak ingin orang tua jadi khawatir pada masalah kalian. Usahakan jangan sampai bercerita pada orang diluar keluarga. Kamu kan tidak akan tau apakah cerita tersebut akan disampaikan ke orang lain lagi atau tidak. Apalagi jika salah disampaikannya, bisa mencoreng nama baik kamu dan pasangan.

Meditasi

Saat salah satu dari kalian berdua sedang kesal, lebih baik jika yang lainnya tetap diam. Diam namun bukan mendiamkan ya! Pahami pasanganmu dan beri dia waktu meredakan kesalnya. Tentu hal ini lebih baik karena situasi di antara kalian tidak akan memanas. Ambil waktu pribadi kalian untuk masing-masing bermeditasi. Tenangkan hati dan pikiran agar kalian bisa kembali mempersiapkan pernikahan dengan hati senang. Mempersiapkan pernikahan memang bikin pusing, bahkan bisa menyebabkan stres. Nah, mengambil sedikit waktu untuk meditasi adalah pilihan yang bagus kan?

Jangan Mempermasalahkan Hal Kecil

“Duh kok kamu pilih dasi yang tidak pas dengan tuxedo yang sudah dipesan sih?”

“Jangan pilih heels yang terlalu tinggi dong!”

Mungkin masalah-masalah tersebut bisa terjadi, tidak jarang juga celetukan bernada sebal keluar dari mulut kalian. Tapi bagaimana jika pasangan kalian justru tidak terima dengan omongan kalian? Karena ia punya pendapat sendiri untuk penampilannya. Tentu kamu harus menghargainya, jangan melontarkan kalimat-kalimat tidak perlu apalagi diucapkan dengan nada yang tidak menyenangkan. Secara tidak langsung kamu justru mengkritik hal yang dia sukai lho. Lebih baik tahan ya!

Masalah apa saja sih biasanya? Yuk simak juga Ini Dia 5 Penyebab Konflik Ketika Persiapan Pernikahan!

 

Nah, semoga 4 Tips Mengatasi Pertengkaran Saat Persiapan Pernikahan dapat bermanfaat ya. Memang semua pasangan memiliki cara dan tipsnya sendiri. Kamu boleh juga kok berbagi cerita di kolom komentar! Ditunggu ya!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp