4 Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah Pertama

4 Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah Pertama

4 Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah Pertama

Bisa membeli rumah bisa jadi merupakan impian utama bagi pasangan yang sudah menikah. Sejatinya besar atau kecil ukuran rumah tersebut tidak masalah, karena yang penting adalah milik sendiri. Rumah bukan hanya sebagai tempat berlindung saja, namun rumah tersebut juga akan menjadi saksi perjalanan pernikahan kalian seumur hidup.

Harga rumah dari tahun ke tahun yang semakin mahal sudah pasti bikin pusing banyak orang. Apalagi jika kalian termasuk pasangan yang sudah mengontrak rumah atau ‘numpang’ orangtua terlalu lama. Setelah lama menabung, hingga cukup untuk membeli rumah pastinya sangat menggembirakan. Tapi, membeli rumah tidak lah sesepele itu lho! Banyak hal yang harus kalian pertimbangkan sebelum memutuskan deal! Nah yuk simak 4 pertimbangan sebelum membeli rumah di bawah ini

Kumpulkan Banyak Informasi

Bukan hanya saat mempersiapkan pernikahan kalian butuh informasi dan referensi. Membeli rumah juga lho! Cari info sebanyak-banyaknya tentang detail rumah yang akan kalian beli. Kalian bisa mendapatkannya melalui browsing di internet atau kea gen real estate. Sambil jalan-jalan sore bersama pasangan sambil mencari informasi rumah juga menarik untuk dicoba. Usahakan sumber-sumber kamu mendapatkan informasi tersebut terpercaya, ya!

Tujuan Membeli 

Tujuan kalian saat membeli rumah juga harus dipikirkan lho. Rumah tersebut akan kalian gunakan sebagai tempat tinggal atau hanya sebagai investasi juga harus jelas. Jika kalian bermaksud menggunakannya sebagai tempat tinggal akan lebih baik jika rumah tersebut berlokasi dengan lokasi kalian bekerja. Supaya kalian tidak mengeluarkan banyak pengeluaran harian hanya untuk transportasi dari rumah ke kantor yang seharusnya bisa ditabung.

Sesuaikan dengan Anggaran

Pertimbangan paling utama adalah kemampuan keuangan kalian. Berapa anggaran yang kalian miliki untuk membeli rumah tersebut. Jangan memaksakan membeli rumah dengan harga mahal dan menggunakan cicilan namun jika ke depannya memberatkan kalian lebih baik jangan. Membeli rumah kecil yang sesuai dengan anggaran kalian lebih baik. Jika di masa depan kalian memiliki uang lagi, kalian tinggal merenovasi rumah tersebut.

Baca juga, Pertimbangan Penting Saat Mengontrak Rumah Sebagai Pasangan Baru

Konsultasi dengan Agen Properti

Jangan terburu-buru! Menemukan rumah sesuai kriteria dan langsung membeli tanpa konsultasi dengan agen properti bisa membuat kalian melupakan beberapa hal penting lho! Agen properti tersebut dapat membantumu dalam mempertimbangkan cara pembayaran rumah yang biasanya sulit kita orang awam memahaminya.

 

Nah itu dia 4 pertimbangan sebelum membeli rumah pertama. Semoga bermanfaat, ya!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp