4 Alasan Terkadang Konflik Dalam Rumah Tangga Juga Diperlukan

4 Alasan Terkadang Konflik Dalam Rumah Tangga Juga Diperlukan

4 Alasan Terkadang Konflik Dalam Rumah Tangga Juga Diperlukan

Dua pribadi yang bertemu dalam sebuah bingkai rumah tangga tentunya juga akan menghadirkan perselesihan karena adanya perbedaan diantaranya keduanya. Perselisihan bukanlah sesuatu yang tak mungkin terjadi, banyak hal yang bisa menyulut perselisihan dalam sebuah keluarga. Masalah kebiasaan masing-masing, sampai masalah ekonomi dapat menimbulkan konflik. Dalam rumah tangga, perselisihan ini merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi, yang perlu disadari adalah untuk saling menjaga agar konflik tidak berkepanjangan yang akan menimbulkan dampak negatif. Di samping akibat negatif, konflik yang timbul kadang diperlukan. Mengapa?

Sebagai tanda saling peduli

Perselisihan memang sangat mungkin timbul, dalam sebuah keluarga yang baru dibangun atau yang sudah lama, karena memang masalah dalam rumah tangga memang selalu beragam. Cara pandang yang berbeda dalam menyikapi suatu persoalan akan menimbulkan perselisihan antara kedua pasangan. Tetapi itu juga tanda bahwa masiing-masing pasangan saling merasa peduli, sehingga perlu menyampaikan hal-hal yang dianggapnya penting untuk kebaikan bersama.

Proses pendewasaan

Konflik mungkin timbul karena kedua pasangan belum mampu bersikap dewasa satu sama lain. Sehingga timbulnya konflik ini akan lebih memberikan proses pendewasaan untuk kedua belah pihak. Tidak selalu satu pihak merasa lebih baik dari pihak lain, bukan kemenangan yang dicari. Kalaupun konflik harus terjadi, biarlah hal tersebut menjadi proses yang akan mendewasakan keduanya. Ambil hikmah yang terjadi dalam konflik yang timbul, saling menyikapi dengan baik terhadap sebuah konflik, akan lebih membuat masing-masing pasangan menjadi lebih dewasa.

Saling memaklumi

Saat memasuki sebuah pernikahan, dua pribadi tidak lagi menjadi pribadi dengan ego masing-masing. “Aku” dan “Kamu” harus ditranformasi menjadi “Kita”. Jangan sampai timbul saling mendominasi, meskipun sebelumnya kamu lebih sering mendapat perhatian lebih dari keluarga. Nah pada saat berumah tangga kamu juga perlu memberikan perhatian kepada pasangan secara proporsional. Tak perlu saling memaksakan ego sendiri meskipun terasa lebih memuaskan. Jika memang diperlukan, cobalah untuk mengalah dengan harapan akan mengurangi tensi atau bad mood yang terjadi. Cobalah cari solusi pada saat masing-masing sudah dapat berfikir dengan tenang.

Yuk simak, Mengetahui Semua tentang Perjanjian Sebelum Pernikahan

Jadilah pendengar yang baik

Konflik yang timbul dalam sebuah rumah tangga paling mungkin terjadi karena adanya kurang komunikasi  antara pasangan suami isteri. Komunikasi sebagai upaya untuk menyampaikan pendapat atau menyatakan hal-hal yang dirasakan merupakan komunikasi yang diperlukan. Dalam berkomunikasi perlu saling toleransi antara kedua belah pihak. Masing-masing harus mau menjadi pendengar yang baik untuk semua hal yang disampaikan oleh pasangannya. Dengan demikian akan timbul rasa saling hormat menghormati, sehingga akan timbul rasa harmonis dalam berumah tangga.

 

Nah demikianlah 4 Alasan Terkadang Konflik Dalam Rumah Tangga Juga Diperlukan yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp